Selamat Datang di Website Resmi SMP Negeri 3 Kerinci. Visi Sekolah: "Terwujudnya peserta didik yang beriman, berkarakter, berprestasi dan berwawasan global." Perangkat Ajar IPA Kelas 9 SMP - SMP Negeri 3 Kerinci
Blogger Jateng

Perangkat Ajar IPA Kelas 9 SMP


Perangkat pembelajaran mengacu pada serangkaian elemen pembelajaran yang melibatkan berbagai jenis materi, peralatan, media, panduan, dan pedoman yang digunakan dalam proses pengajaran di ruang kelas. Dalam konteks pembelajaran di kelas, perangkat pembelajaran ini mencakup seluruh komponen yang mendukung interaksi antara guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku. 

Oleh karena itu, perangkat pembelajaran mencakup semua hal yang digunakan oleh guru dan siswa dalam menjalankan kegiatan pembelajaran di ruang kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Secara khusus, perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 (K13) merupakan seperangkat dokumen pedoman yang dirancang untuk membantu guru merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku pada tahun 2013. 

Dokumen perangkat pembelajaran K13 ini mencakup panduan tentang bagaimana mengintegrasikan elemen-elemen kurikulum, memilih metode pengajaran yang sesuai, memilih materi ajar yang relevan, dan mengevaluasi pencapaian pembelajaran siswa.

Dengan memanfaatkan perangkat pembelajaran K13, guru dapat secara efektif mengelola proses pembelajaran sesuai dengan persyaratan kurikulum yang berlaku pada waktu tersebut, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik.

Mata pelajaran IPA Kelas 9 merupakan mata pelajaran wajib yang diajarkan di jenjang SMP/MTS. Walaupun saat ini telah diterapkan Kurikulum Merdeka, di Kelas 9 masih mengikuti Kurikulum 2013. Semoga pada tahun ajaran berikutnya, dapat dilakukan transisi ke implementasi Kurikulum Merdeka.

Berikut Link Download Perangkat Ajar IPA Kelas 9 silakan klik (Disini).