Selamat Datang di Website Resmi SMP Negeri 3 Kerinci. Visi Sekolah: "Terwujudnya peserta didik yang beriman, berkarakter, berprestasi dan berwawasan global." Perangkat Ajar IPS Kelas 9 SMP - SMP Negeri 3 Kerinci
Blogger Jateng

Perangkat Ajar IPS Kelas 9 SMP


Perangkat ajar atau perangkat pembelajaran merupakan seperangkat dokumen, bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Artinya perangkat pembelajaran adalah sekumpulan media atau sarana yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas sebagai panduan dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Adapun fungsi dari perangkat pembelajaran adalah sebagai panduan atau pedoman bagi guru dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar sehingga pembelajaran yang lebih efisien dan efektif bisa tercapai. Dalam Kurikulum 2013, terdapat berbagai macam perangkat pembelajaran yang harus dipersiapkan oleh pendidik sebelum melaksanakan pembelajaran di kelasnya.

Perangkat ajar atau perangkay pembelajaran ini memiliki peran penting bagi guru dan peserta didik. Sebagai obyek menerima dan menyerap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran, perangkat pembelajaran penting bagi peserta didik. Perangkat pembelajaran dapat dijadikan sebagai indikator pencapaian pada tiap mata pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.

Guru sebagai pendidik dituntut untuk menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik sekolah tersebut dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik sehingga kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara efektif dan efisien.

Mata pelajaran IPS Kelas 9 merupakan mata pelajaran wajib yang diajarkan di jenjang SMP/MTS. Walaupun saat ini telah diterapkan Kurikulum Merdeka, di Kelas 9 masih mengikuti Kurikulum 2013. Semoga pada tahun ajaran berikutnya, dapat dilakukan transisi ke implementasi Kurikulum Merdeka.

Berikut Link Download Perangkat Ajar IPS Kelas 9 silakan klik (Disini)