Selamat Datang di Website Resmi SMP Negeri 3 Kerinci. Visi Sekolah: "Terwujudnya peserta didik yang beriman, berkarakter, berprestasi dan berwawasan global." Perangkat Ajar PJOK Kelas 9 SMP - SMP Negeri 3 Kerinci
Blogger Jateng

Perangkat Ajar PJOK Kelas 9 SMP


Perangkat ajar atau perangkat pembelajaran merujuk pada kumpulan dokumen, materi, alat, media, instruksi, dan panduan yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan mencapai target pembelajaran. Secara sederhana, perangkat pembelajaran adalah berbagai sarana yang digunakan oleh guru dan siswa dalam kelas sebagai pedoman untuk mencapai tujuan pembelajaran. 

Fungsinya adalah memberikan panduan kepada guru dalam mengelola kegiatan belajar mengajar, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lebih efisien dan efektif. Dalam Kerangka Kurikulum 2013, pendidik diharuskan menyiapkan berbagai jenis perangkat pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran di ruang kelas.

Perangkat ajar ini memiliki peran yang signifikan bagi guru dan peserta didik. Bagi peserta didik, perangkat pembelajaran adalah alat untuk menerima dan memahami materi yang diajarkan oleh guru selama proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran juga bisa digunakan sebagai indikator untuk menilai pencapaian dalam setiap mata pelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Guru, sebagai pendidik, diharapkan mampu menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan konteks sekolah dan kebutuhan peserta didik. Hal ini akan memastikan bahwa kegiatan pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Mata pelajaran PJOK Kelas 9 adalah salah satu mata pelajaran wajib dalam jenjang SMP/MTS. Meskipun saat ini diterapkan Kurikulum Merdeka, Kelas 9 masih mengikuti Kurikulum 2013. Diharapkan bahwa pada tahun ajaran mendatang, akan ada transisi menuju implementasi Kurikulum Merdeka.

Berikut Link Download Perangkat Ajar PJOK Kelas 9 silakan klik (Disini)