Selamat Datang di Website Resmi SMP Negeri 3 Kerinci. Visi Sekolah: "Terwujudnya peserta didik yang beriman, berkarakter, berprestasi dan berwawasan global." Perangkat Ajar Prakarya Kelas 9 - SMP Negeri 3 Kerinci
Blogger Jateng

Perangkat Ajar Prakarya Kelas 9


Perangkat ajar atau perangkat pembelajaran merujuk kepada sejumlah dokumen, materi, alat, media, instruksi, dan panduan yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan mencapai target pembelajaran. Dalam istilah yang lebih sederhana, perangkat pembelajaran adalah berbagai jenis sarana yang digunakan oleh guru dan siswa di dalam kelas sebagai panduan untuk mencapai tujuan pembelajaran. 

Perannya adalah memberikan pedoman kepada guru dalam mengelola kegiatan belajar mengajar sehingga pembelajaran dapat berjalan lebih efisien dan efektif. Dalam kerangka Kurikulum 2013, pendidik diminta untuk menyiapkan berbagai jenis perangkat pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran di ruang kelas.

Perangkat ajar ini memiliki peran penting bagi guru dan peserta didik. Bagi peserta didik, perangkat pembelajaran adalah alat untuk menerima dan memahami materi yang diajarkan oleh guru selama proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran juga bisa digunakan sebagai panduan dalam melaksanakan pembelajaran dan menilai pencapaian dalam setiap mata pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Guru, sebagai pendidik, diharapkan dapat menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan situasi sekolah dan kebutuhan peserta didik. Hal ini akan memastikan bahwa kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif dan efisien.

Mata pelajaran Prakarya Kelas 9 adalah salah satu mata pelajaran wajib di tingkat SMP/MTS. Walaupun saat ini diterapkan Kurikulum Merdeka, Kelas 9 masih mengikuti Kurikulum 2013. Diharapkan bahwa pada tahun ajaran yang akan datang, akan terjadi transisi menuju implementasi Kurikulum Merdeka.

Berikut Link Download Perangkat Ajar Prakarya Kelas 9 silakan klik (Disini).