Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
SMPN 3 KERINCI
SMP Negeri 3 Kerinci Unggul dalam Prestasi, Teguh Berbudaya, Berkarakter dan Berakhlak Mulia Mewujudkan generasi cerdas, terampil, dan berintegritas Bersama kita maju menuju masa depan gemilang
SMP Negeri 3 Kerinci Unggul dalam Prestasi, Teguh Berbudaya, Berkarakter dan Berakhlak Mulia Mewujudkan generasi cerdas, terampil, dan berintegritas Bersama kita maju menuju masa depan gemilang

Perangkat Ajar Deep Learning Bahasa Indonesia Kelas 7

Perangkat Ajar Deep Learning Bahasa Indonesia Kelas 7

Pengantar Deep Learning dalam Bahasa Indonesia

Pendekatan Deep Learning dalam Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia berfokus pada pemahaman mendalam dan penerapan praktis (otentik) dari keterampilan berbahasa. Tujuannya adalah memastikan murid tidak hanya menguasai tata bahasa dan kosa kata, tetapi mampu menggunakan Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi, berpikir kritis, dan berekspresi secara efektif dalam berbagai konteks kehidupan nyata.

Dengan metode ini, guru bertindak sebagai fasilitator yang mendorong siswa untuk menganalisis teks, berdiskusi kritis, dan menghasilkan karya tulis yang bermakna. Ini sejalan dengan upaya menumbuhkan dimensi Profil Pelajar Pancasila melalui kemampuan literasi.

Empat Elemen Keterampilan Berbahasa Fase D (Kelas 7)

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Fase D (umumnya untuk Kelas VII, VIII, dan IX SMP/MTs/Program Paket B) mencakup beberapa elemen keterampilan berbahasa yang saling terkait:

  • Menyimak: Kemampuan murid menerima, memahami, dan memaknai informasi dari berbagai sumber audio dan audiovisual secara lisan maupun nonverbal. Murid diharapkan mampu mengidentifikasi ide pokok, menyampaikan kembali informasi, serta menganalisis tujuan dan pesan yang disampaikan.
  • Membaca dan Memirsa: Kemampuan murid memahami, mengevaluasi, dan merefleksi beragam jenis teks, baik fiksi maupun informasional, dalam format cetak maupun digital. Murid mampu menemukan informasi tersurat dan tersirat, menyimpulkan isi teks, serta mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks.
  • Berbicara dan Mempresentasikan: Kemampuan murid menyampaikan gagasan, tanggapan, dan perasaan secara efektif dan santun dalam berbagai konteks komunikasi lisan, baik formal maupun nonformal. Murid mampu mempresentasikan hasil karya atau pemikiran dengan runtut dan jelas.
  • Menulis: Kemampuan murid menghasilkan tulisan yang logis, kritis, dan kreatif sesuai dengan tujuan, konteks, dan kaidah kebahasaan. Murid mampu menulis berbagai jenis teks (narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi) dengan struktur yang benar dan penggunaan ejaan serta tanda baca yang tepat.

Unduh Perangkat Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7

Silakan unduh kelengkapan perangkat ajar Bahasa Indonesia Fase D Kelas 7 Kurikulum Merdeka melalui tautan di bawah ini. Dokumen ini dirancang untuk mendukung penerapan Deep Learning di kelas Anda.