Selamat Datang di Website Resmi SMP Negeri 3 Kerinci. Visi Sekolah: "Terwujudnya peserta didik yang beriman, berkarakter, berprestasi dan berwawasan global." Perangkat Ajar Kelas 7 Semua Mata Pelajaran Jenjang SMP Kurikulum Merdeka - SMP Negeri 3 Kerinci
Blogger Jateng

Perangkat Ajar Kelas 7 Semua Mata Pelajaran Jenjang SMP Kurikulum Merdeka

Apa yang dimaksud dengan perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka?

Perangkat pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka adalah berbagai materi dan alat yang digunakan oleh guru untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CP) dan Profil Pelajar Pancasila. Perangkat pembelajaran ini dapat berupa modul ajar, buku pelajaran, modul projek, serta berbagai media pembelajaran seperti video, yang diperlukan oleh guru dalam proses pengajaran.

CP adalah kemampuan belajar yang harus dicapai oleh siswa pada berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari usia dini hingga pendidikan menengah. Ini mencakup beragam kompetensi dan materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi, dengan penyesuaian berdasarkan tahap perkembangan siswa.

Sebelum melaksanakan pengajaran, guru perlu mengembangkan modul ajar sebagai panduan dalam proses pembelajaran. Pengembangan modul ajar ini memiliki tujuan untuk menciptakan perangkat pembelajaran yang relevan, menarik, dan memberikan tantangan kepada siswa. Modul ajar harus sesuai dengan konteks pembelajaran, dan harus diatur sedemikian rupa agar proses pembelajaran berlangsung secara efektif.

Pendekatan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka berfokus pada siswa sebagai pusat pembelajaran, dengan penyesuaian yang mempertimbangkan tahap perkembangan dan karakteristik individu siswa. Ruang lingkup materi pembelajaran akan ditentukan oleh guru, sementara proses pengajaran, produk hasil belajar, dan lingkungan belajar akan disesuaikan sesuai kebutuhan siswa.

Untuk mendownload Perangkat Ajar Kelas 7 Semua Mata Pelajaran Jenjang SMP Kurikulum Merdeka silahkan klik masing-masing mapel di bawah ini: